-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

TEORI DASAR VIRTUAL LAN (VLAN)




Virtual LAN (VLAN), contohnya ada sekelompok pemuda-pemudi si A,B,C,D,E ingin membangun sebuah perusahaan teknologi jadi merekalah menamakan perusahaan tersebut PT.ABCDE sesuai nama mereka dan untuk tempat kantor mereka. Mereka memilih sebuah rumah kecil karena mereka masih perusahaan baru dan karyawan nya hanya 5 orang yaitu pendirinnya sendiri

Jadi disini ceritanya si A mungkin seorang teknisi perangkat sebagai sales juga si B juga jadi teknisi perangkat bidang keuangan juga jadi mereka multi fungsi setiap orangnya dan tentunya setiap orang ini memiliki sebuah komputer dan mereka perlu agar komputer mereka saling terhubung sehingga mereka dapat misalnya berbagi data seperti printer. Sehingga mereka memutuskan ber investasi dengan membeli sebuah switch lalu mereka tariklah kabel ke tiap-tiap komputernya agar mereka dapat saling terhubung dan juga ada sebuah printer. Dan topologi nya masih sederhana sehingga selama mereka menggunakan topologi ini dengan menggunakan sebuah jus dengan 5 user dan juga sebuah printer ini tidak ada kendala dan seiring berjalannya waktu perusahaan A,B,C,D,E ini ternyata mengalami perkembangan sehingga mereka  meningkatkan kantor mereka dengan menyewa atau membeli sebuah Gedung 4 lantai seiring kebutuhan juga pegawai mereka bertambah kita lihat disini tadi si A si B sudah masuk divisi keuangan dan mereka rekrut si F,G,H,dst. Dan demikian juga si D,P,I,J,dst divisi teknik jadi yang perusahaan mereka karena sudah berkembang dirasa perlu membagi menjadi beberapa divisi yaitu keuangan TNI SDM dan SALES nanti yang mana setiap visi memiliki karyawannya masing-masing misalnya SDM Kembali C,M dan seterusnya.

Dan mereka tentunya memerlukan agar komputer mereka dapat saling terhubung jadi mereka Kembali berinvestasi kepada sebuah switch nah switch ini kemudian di hubungkan ke A,B,F dan juga ke D,P,I dan kemudian C,N,K,M seterusnya sampai SALES mereka semua terhubung pada sebuah switch dan dimana disini contoh kasusnya adalah network dengan menggunakan IP 192.168.10.0/24

Seiring berjalannya waktu ternyata PT ABCDE ini melihat adanya kendala tidak adanya segmen Network. Hal ini mengakibatkan mengubah satu broadcast domain dimana alamat broadcast nya adalah 192.168.10.255 sehingga apabila ada salah satu user dari keuangan misalnya A mengirimkan broadcast maka seluruh divisi akan menerimanya padahal seharusnya A hanya berhubungan dengan B,F,H dan pengguna lain di visi keuangan.

Tidak ada segmentasi / pembagian network (semua berada pada satu broadcast domain), sehingga berdampak terhadap

1. Performa jaringan

2. Keamanan jaringan

 

 Dan memutuskan untuk membeli 4 buah switch setiap switch ini ditempatkan ditiap lantainya

1. SWITCH KEUANGAN (192.168.10.0/24)

2. SWITCH TEKNIK (192.168.20.0/24)

3. SWITCH SDM (192.168.30.0/24)

4. SWITCH SALES (192.168.40.0/24)

 

TOPOLOGI DAN PENGGUNAAN PERALATAN YANG TIDAK EFISIEN

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan sebuah virtual LAN atau VLAN dimana sebuah VLAN itu adalah jaringan logika, logika itu artinya virtual di jaringan logika yang dibentuk pada sebuah situs dengan network atau subnet yang berbeda.

Dapat dibagi menjadi beberapa network tentunya dengan alamat yang berbeda berdasarkan port-nya. Misalnya di port 1 dan 2 dan 3 dan 4 terhubung ke keuangan lalu port 5 6 7 8 komputer yang terhubung ke port 5 6 7 8 terhubung dengan teknik nah jadi di visi keuangan dan teknik  tersebut tidak terhubung satu sama lain, namun secara fisik ada pada sebuah switch demikian juga dengan switch yang di Gedung dua hal yang sama secara fisik dia berada pada sebuah switch namun di dalamnya itu networknya berbeda-beda tidak saling terhubung pembagiannya itu berdasarkan port nya tentunya switch ini perlu di hubungkan menggunakan sebuah e-link kabel. Dan kabel ini perlu dikonfigurasi agar dapat melewatkan seluruh vlan yang dibentuk.

PC A (Vlan Kuning) 192.168.10.1/24

PC C (Vlan Hijau) 192.168.20.1/24

PC D (Vlan Hijau) 192.168.10.2/24

PC B (Vlan Kuning) 192.168.10.2/24


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6obC1ck7_YQ&ab_channel=DanielNapitu



Labels: jaringan

Thanks for reading TEORI DASAR VIRTUAL LAN (VLAN). Please share...!

0 Komentar untuk "TEORI DASAR VIRTUAL LAN (VLAN)"

Back To Top