-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

CARA KERJA KOMUNIKASI PONSEL


 

1. KOMUNIKASI SELULER

     Ketika berbicara di telfon suara anda di ambil oleh mikropon anda. Mikropon anda mengubah suara anda menjadi sinyal digital dengan bantuan sensor MEMS dan IC. Sinyal digital ini berisi suara anda dalam bentuk 0s dan 1s. Antena d dalam telepon menerima sinyal 0s dan 1s ini kemudian mentransmisikan nya ke dalam gelombang elektromagnetic. Gelombang elektromagnetic mentransmisikan 0s dan 1s dengan mengubah karakteristik gelombang seperti amplitudo, frekuensi, fase atau kombinasi keduanya. Misalnya dalam hal frekuensi 0 dan 1 di transmisikan dengan menggunakan frekuensi rendah dan tinggi.

 

     Jadi jika ada bisa menemukan cara untuk mengirim gelombang elektromagnetic ini ke telpon teman mu maka anda akan bisa melakukan panggilan. Namun, gelombang elektromagnetic tidak mampu melakukan perjalanan jarak jauh, gelombang akan kehilangan kekuatan karena kehadiran benda benda peralatan listrik dan beberapa faktor lingkungan lain. Bahkan jika tak ada masalah seperti yang disebut tadi pun gelombang elektromagnetic tidak akan berlangsung selamanya karena struktur bumi yang melengkung. Untuk mengatasi masalah ini dibuatlah Menara sel menggunakan konsep teknologi seluler. Dalam teknologi seluler, area geografis di bagi menjadi sel-sel heksagonal dengan masing-masing sel memiliki Menara dan slot frekuensi nya sendiri. Secara umum, Menara sel ini di hubungkan melalui  kabel atau lebih khusus lagi  kabel serat optic.

 

      Kabel serat optic ini di letakkan di bawah tanah atau lautan untuk menyediakan konektivitas nasional atau internasional. Gelombang elektromagnetic yang dihasilkan oleh ponsel diambil oleh menara di dalam sel dan mengubahnya menjadi pals cahaya frekuensi tinggi, pals cahaya ini di bawa base transifer boms yang terletak di dasar menara untuk pemrosesan sinyal lebih lanjut. Setelah di proses sinyal suara diarahkan ke menara tujuan, setelah menerima pals menara tujuan memancarkan keluar dalam bentuk gelombang elektromagnetic dan ponsel teman kemudian menerima sinyal. Sinyal ini mengalami proses terbalik dan teman mendengar suara anda. Jadi memang benar bahwa, komunikasi seluler tidak sepenuhnya direkam namun tetap menggunakan media kabel juga. Beginilah cara komunikasi seluler dilakukan, komunikasi seluler hanya berhasil Ketika menara anda mentransfer sinyal ke menara teman mu tetapi bagaimana menara anda tau dimana menara sel teman anda berada? Nah untuk proses ini menara sel mendapat bantuan dari sesuatu yang disebut MOBILE SWITCHING CENTER ( MSC ). MSC adalah titik pusat dari sekelompok sel. Ketika anda membeli kartu SIM semua informasi berlangganan terdaftar dalam MSC yang di tentukan. MSC ini akan menjadi home MSC anda, home MSC ini menyimpan informasi seperti paket layanan, lokasi anda saat ini dan status aktivitas anda. Jika anda pindah keluar tentang home MSC anda maka MSC baru yang akan menggantikan layanan anda dikenal dengan FOREIGN MSC . Ketika anda masuk wilayah FOREIGN MSC, MSC ini berkomunikasi dengan home MSC anda. Singkatnya, home MSC anda selalu tau dimana anda berada.  Untuk memahami dimana lokasi sel pelanggan dalam area MSC, MSC menggunakan beberapa teknik salah satu caranya adalah memperbarui lokasi pelanggan setelah periode tertentu. Ketika ponsel melewati beberapa menara yang telah di tentukan, pembaruan lokasi Kembali di lakukan, Yang terakhir adalah Ketika ponsel dihidupkan.

 

     Mari kita memahami semua prosedur ini dengan sebuah contoh.

Misalkan emma ingin menelpon john, Ketika emma memanggil nomor john permintaan panggilan tiba di home MSC emma, setelah menerima nomor john permintaan akan di teruskan ke home MSC john. Sekarang MSC john memeriksa MSC nya saat ini, jika john menerima MSC nya permintaan panggilan akan dikirimkan ke lokasi sel nya saat ini. Dan memeriksa apakah john sedang menerima panggilan lain atau apakah ponselnya dimatikan, jika semuanya positif telfon john berdering dan panggilan akan tersambung. Nqamun, jika john tidak berada di home MSC nya MSC john akan meneruskan permintaan panggilan ke FOREIGN MSC. FOREIGN MSC akan mengikuti prosedur yang dijelaskan sebelumnya untuk menemukan ponsel john dan kemudian akan melakukan panggilan. Sekarang mari kita membahas mengapa spektrum frekuensi cukup penting dalam komunikasi ponsel. untuk mentransfer 0s dan  1s dalam komunikasi digital setiap langgan dialokasikan dalam rentang frekuensi. Namun, spektrum frekuensi tersedia untuk komunikasi seluler cukup terbatas dan ada milyaran pelanggan. Masalah ini di selesaikan dengan bantuan 2 teknologi yaitu Distribusi slot frekuensi dan Teknik akses ganda. Pada nomor 1 slot frekuensi yang berbeda akan dialokasikan dengan hati hati ke menara sel yang berbeda. Dalam teknis akses ganda slot frekuensi ini di distribusikan secara efisien di antara semua pengguna aktif di area sel.

 

     Mengapa ada generasi berbeda dari teknologi ponsel?

1G awalnya memungkinkan pengguna untuk pertama kali membawa telpon tanpa kabel terpasang, tetapi 1G menderita dua masalah utama. Masalah pertama yaitu transmisi nirkabel dalam format analog, sinyal analog mudah diubah oleh sumber eksternal jadi transmisi ini memberikan kualitas suara dan keamanan  yang buruk. Masalah kedua adalah menggunakan teknik frekuensi DIVISION MULTIPLE ACCES yang menggunakan spektrum yang tersedia dengan cara yang tidak efisien.

 

   Faktor-faktor ini membuka jalan komunikasi seluler generasi kedua, 2G menggunakan acces berganda digital yaitu teknologi TIME DIVISION MULTIPLE ACCES atau CODE DIVISION MULTIPLE ACCES generasi kedua juga memperkenalkan layanan data revolusioner, SMS dan penelusuran internet. Teknologi 3G difokuskan untuk memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi 3G menggunakan teknik WIDEBAND CODE DIVISION MULTIPLE ACCES Bersama dengan peningkatan bandwith. Kecepatan 3G 2 Mbps memungkinkan transfer data untuk penggunaan seperti GPS, video, panggilan suara, dan lain lain. Berikutnya muncul 4G yang mencapai kecepatan 20-100 Mbps yang cocok untuk film dan televisi resolusi tinggi kecepatan yang lebih tinggi ini bisa terjadi karena ORTHOGONAL FREQUENCY DIVISION MULTIPLE ACCES  dan MULTIPLE INPUT MULTIPLE OUTPUT. MIMO menggunakan bebrapa antena penerima pemancar di dalam ponsel dan menara. Generasi selanjutnya adalah 5G, yang akan segera di luncurkan akan menggunakan teknologi MIMO dan gelombang milimeter yang di tingkatkan. 5G akan memberikan konektivitas tanpa batasuntuk mendukung internet pada barang-barang seperti mobil tanpa pengemudi, dan rumah pintar.

 Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=kIaU2e8Hcag

 

Labels: jaringan

Thanks for reading CARA KERJA KOMUNIKASI PONSEL. Please share...!

0 Komentar untuk "CARA KERJA KOMUNIKASI PONSEL"

Back To Top