-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

Review Kualitas Litebeam Setelah 1 Tahun

Sudah cukup lama saya ga update apapun selama beberapa bulan terakhir. Kemarin masih ngurus pindahan sama beberapa kerjaan kantor yang terus-terusan muncul sampai tidak sempat bikin artikel sama sekali. hehehe

Oke, kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman dengan pembaca. atau bisa juga dijadikan referensi untuk para pembaca mengenai alat yang akan saya bahas berikut ini.

Litebeam adalah sebuah peralatan jaringan paling murah untuk melakukan koneksi PTP maupun PTMP yang dikeluarkan oleh ubiquiti. untuk sekilas, dengan harga 650-750 anda akan spesifikasi alat sebagai berikut :
Nama Produk LITEBEAM M5 AIRMAX 23 dBi
Processor Specs Atheros MIPS 74Kc, 533 MHz
TX Power 25 dBm
RX Sensitivity -97 dBm
Power Supply 24V, 0.2A PoE Adapter (Included)
Power Method Passive PoE (Pairs 4, 5+; 7, 8 Return)
Operating Temperature -40 to 70° C (-40 to 158° F)
Dimensions 362 x 267 x 184 mm (14.25 x 10.51 x 7.24")
Wireless Approvals FCC, IC, CE
RoHS Compliance yes
Weight 750 g (24.11 oz)
Mounting Pole Mounting Kit (Included)
Operating Frequency Worldwide: 5150 - 5875 MHz USA: 5725 - 5850 MHz
Operating Humidity 5 to 95% Noncondensing
ESD/EMP Protection ± 24 KV Contact / Air
Galn 23 dBi
Max. VSWR 1.5:1
ETSI Specification EN 302 326 DN2
Max. Power Consumption 4W
System Memory 64 MB
Shock and Vibration ETSI300-019-1.4
Output Power 25 dBm


Pengalaman menggunakan litebeam selama satu tahun :
Dengan harga murah dan spesifikasi yang cukup mumpuni, sebenarnya cukup disayangkan ketika saya harus mengatakan "SAYA SANGAT TIDAK MEREKOMENDASIKAN ALAT INI UNTUK JARINGAN DIATAS 2KM". Lantas apa alasan saya mengatakan itu? tidak terlepas dari pengalaman pribadi saya selama -+ 2 tahun bekerja dibidang jaringan internet berbasis wireless. Dalam tahun pertama hampir semua client saya, saya arahkan untuk menggunakan litebeam karena dalam kenyataannya, litebeam M5 ini mampu terkoneksi dengan baik hingga jarak 10km (bisa mendapatkan signal 78). Meskipun itu juga tergantung medan di masing-masing tempat.

Dalam awal-awal pemasangan menggunakan litebeam, saya memasang kurang lebih ada 10 buah litebeam. 3 bulan pertama tidak ada kendala berarti, mungkin hanya sebatas crash frequensi. Nah.. setelah 3 bulan inilah masalah demi masalah terus menerus muncul. Meskipun masalahnya hanya 1 yaitu signal litebeam yang semakin melemah. Ya!!! Seperti yang sudah anda tebak.... dengan spesifikasi yang mumpuni dan harga terjangkau, sangat disayangkan resiko bagi pengguna adalah ketahanan dari litebeam itu sendiri.

Dari pengalaman pribari saya, dari 10 buah yang saya pasang. 6 diantaranya secara bertahap mengindikasikan signal lemah dimulai dari 3 bulan awal. Satu persatu namun pasti satu persatu dari 10 litebeam tersebut mengalami perlemahan signal. bahkan baru2 ini, dirumah saya sendiri saya pasang litebeam untuk koneksi kekantor dengan jarak -+ 4km. Baru 4 bulan pasang, signal yang tadinya -69 sekarang tinggal -81.

Gambar Screenshoot (Yang masih saya simpan) diambil bulan desember pada saat pemasangan. signal bisa dapat -69/75 dengan CCQ 95

Screenshot 4 bulan setelah pemasangan signal menjadi -81/80 dengan ccq 74
Bisa dibandingkan bukan? ya itulah resiko ketika kita memasang litebeam. yaitu umur pakai 😂
lalu kenapa saya meyarankan untuk tetap memakai litebeam dengan jarak 2km? dengan kualitas penangkapan yang turun, jarak 2km tidak akan begitu terpengaruh. kualitas signal dan ccq masih mencukupi untuk transfer bandwith sebesar 10-20Mb tergangung dengan keadaan di lapangan.

Lalu pertanyaannya bagaimana dengan produk ubiquiti yang lian? sekali lagi ini berdasarkan pengalaman. Selain pakai litebeam untuk jarak kurang dari 10km, saya pakai produk ubiquiti yang lain seperti Powerbeam, dan Rocket. dan untuk produk selain litebeam, patut saya acungi jempol. Karena sampai sekitar 2tahun berjalan ini, belum ada powerbeam/rocket yang mengalamai penurunan kualitas signal.
Labels: belajar jaringan, jaringan, kekurangan, kelebihan, kualitas, net, penggalaman, ptmp, ptp, review, review litebeam, rt, rw, termurah, ubiquiti, ubnt, wifi, wireless

Thanks for reading Review Kualitas Litebeam Setelah 1 Tahun . Please share...!

0 Komentar untuk "Review Kualitas Litebeam Setelah 1 Tahun "

Back To Top