-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

3 Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik 2020

Mungkin ini adalah cerita pengalaman dari para pekerja sebuah perusahaan atau siswa sekolah yang akses internet ditempatnya berada dilakukan pemblokiran. Sehingga beberapa orang tidak bisa bermain game, atau tidak bisa bersosial media, atau malah yang diblokir merupakan aplikasi yang lagi hits seperti tiktot. Memang setiap tempat mempunyai alasannya tersendiri mengapa melakukan pemblokiran, ada yang karena mengganggu aktifitas bekerja, ada yang menghemat bandwith, dan alasan-alasan lainnya yang mungkin memang diperintahkan oleh bapak kepala ditempat anda berada.

Di Internet ada ribuan situs website yang menjelaskan bagaimana membuka situs yang diblokir. Tapi banyak di antaranya yang harus dilakukan oleh expert di bidang teknologi. Disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana CARA BUKA SITUS YANG DIBLOKIR MIKROTIK dan bisa dilakukan oleh orang umum. Artinya siapapun bisa melakukannya.

Sebenarnya cara yang akan saya jelaskan dibawah ini, tidak hanya akan membuka blokir router mikrotik. Tetapi juga membuka blokir router2 lain seperti CCNA, Juniper, bahkan Internet Positif milik pemerintah.

Namun sebelum mempelajari bagaimana membuka situs yang diblokir mikrotik, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu cara kerja dari sistem pemblokiran yang saat ini dipakai diberbagai tempat. Meskipun teknik pemblokiran bisa bermacam-macam, mulai dari firewall, Layer7, proxy, DNS, dll. Tetapi pada dasarnya itu semua dikelompokkan hanya menjadi dua, yaitu metode Blacklist dan Whitelist.

1. Metode Blacklist
Merupakan sebuah metode yang paling sering dipakai oleh para teknisi untuk melakukan pemblokiran. Metode ini cukup efisien untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu. Karena gambaran singkat dari metode blacklist adalah "Mengijinkan semua koneksi, kecuali yang berada dalam blacklist". Contoh paling simple dari metode ini adalah milik pemerintah indonesia yaitu Internet Postifi, mereka menggunakan metode Blacklist dengan teknik DNS Static sebagai sarana untuk melakukan pemblokiran terhadap situs-situs tertentu seperti situs pornografi, situs perjudian, dan situs-situs lain yang dianggap pemerintah berbahaya untuk kemajuan generasi muda bangsa. Oleh karena itu saya secara pribadi menyatakan mendukung pemerintah dalam melakukan filter terhadap internet. Tapi ya jangan merusak generasi bangsa melalui tanyangan TIVI yang bobrok juga Bapak-ibu yang terhormat disana. Atau mungkin maksudnya adalah kalau situs2 website ga boleh sampai merusak generasi bangsa, tapi kalau tivi ga ap2.. kan tivi produk lokal.... 😌#thinkhard

Oke, kembali dulu ke metode blacklist. Dari contoh di atas dapat disimpulkan bahwa, Anda bisa mengakses situs apapun di indonesia, KECUALI situs-situs tertentu yang memang diblokir oleh pemerintah.


2. Metode Whitelist
Berkebalikan dengan Metode Blacklist, Metode Whitelist akan memblokir semua koneksi kecuali koneksi ke alamat yang diijinkan. Biasanya metode ini digunakan oleh perusahaan. Dengan memblokir semua koneksi kecuali yang diijinkan perusahaan seperti mengakses Server perusahaan atau hanya bisa untuk Whatsapp. Semua itu dilakukan agar karyawan diperusahaan tersebut bisa fokus bekerja, namun tetap bisa menjalin komunikasi dengan rekan team maupun atasan melalui koneksi yang memang diijinkan.

Dengan kekurangan dan kelebihan kedua metode di atas, dapat disimpulkan bahwa Metode Whitelist akan jauh lebih sulit untuk di buka daripada metode blacklist. Hal itu karena Metode Whitelist akan memblokir hampir 99% jalur koneksi, dan hanya menyisakan koneksi yang diijinkan. Oleh karena itu, hanya ada 1 metode yang bisa digunakan agar anda tidak terkena pemblokiran. Yaitu

1. Gunakan Paket Data
Yups, apa yang saya katakan disini tidaklah bercanda. Dengan Metode Whitelist, satu-satunya cara agar koneksi Anda tidak diblokir adalah dengan menggunakan Paket Data. Karena sistem Blokir Whitelist maupun Blacklist hanya akan meblokir koneksi yang berada di dalam jaringannya. Sedangkan Paket Data merupakan jaringan tersendiri yang dimiliki oleh perusahaan lainnya. Untuk metode Pertama ini sangat Mudah kan? 😁

Oke, Selanjutnya kita akan bahas 2 Metode lagi yang bisa dilakukan untuk melewati atau membuka situs yang diblokir mikrotik dengan Metode Blacklist.

2. Proxy Browser
Mungkin banyak yang bingung apa itu Proxy Browser. Proxy Browser adalah sebuah browser yang didalamnya sudah ada sistem proxy dan biasanya langsung berjalan secara otomatis. Nah.. serakang apa itu proxy? mungkin sebagian sudah tau apa itu proxy, tapi sebagian yang lain masih bingung. Secara singkat Proxy Server  adalah sebuah komputer yang bertugas menggantikan sebuah komputer untuk melakukan request koneksi. Gambaran sederhanya : Anda berada dirumah, dan anda menggunakan proxy server di Itali dan mencoba membuat koneksi ke salah satu situs website di amerika. Maka alur perjalanan data anda adalah dari perangkat dirumah rumah anda menuju server di itali, baru dari itali menuju website di amerika. Jadi perangkat yang dikenali di amerika adalah server yang di itali, dan yang dikenali di jaringan internet anda, anda membuat koneksi ke itali, bukan ke amerika. Apakah anda bingung? Sama.. saya juga 😂
Oleh karena itu Proxy Browser mampu membuat seolah-olah koneksi/website yang anda tuju adalah Komputer Server Proxy. Padahal Koneksi/Website yang anda tuju sebenarnya adalah website yang diblokir dengan metode blacklist. Contoh Proxy browser yang beredar luas dan gratis adalah UC Browser dan Opera Mini.
Menggunakan Proxy Browser merupakan cara yang sangat murah dan paling simple untuk membuka situs yang diblokir mikrotik maupun reouter lainnya. Hanya saja kelemahan Proxy Browser adalah hanya mampu membuka situs yang diblokir yang diakses menggunakan browser tersebut. Jadi tidak bisa membuka Blokir dari Aplikasi lain selain Browser tersebut. Contoh Simplenya adalah Facebook diblokir. Maka anda bisa membuka facebook menggunakan Proxy Browser. Tapi Anda tidak bisa membua Facebook menggunakan Aplikasi. Karena fasilitas Proxy hanya melekat pada browser.

3. VPN/Proxy Server
Meskipun cara kerjanya sama dengan Proxy Browser, namun yang membedakan dengan Proxy browser di atas adalah VPN atau Proxy Server merupakan sebuah aplikasi yang berdiri sendiri khusus untuk menghubungkan perangkat Anda dengan VPN atau Proxy Server. Sehingga bukan hanya sebatas browser, tetapi semua aplikasi yang ada diperangkat anda akan terfasilitasi oleh Aplikasi VPN/Proxy Server sehingga terbebas dari pemblokiran akses. Belajarjaringan.com juga menyediakan pembelian VPN Berbayar seharga $100/y 😋 namun jika anda mencari aplikasi VPN gratisan, sangat banyak juga di playstore, silahkan cari sendiri hehehe

Itulah 3 Cara yang paling efektif dan paling mudah yang bisa dilakukan untuk membuka situs yang diblokir Mikrotik maupun router router lain. Semoga bermanfaat untuk temen-temen sekalian.

#DosaDitanggungMasing2😝
Labels: belajar jaringan, Belajar Komputer, belajarjaringan.com, Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik terbaru, jaringan, mikrotik, mtcna, mtcre, mtctce, net, router, routeros, TKJ, Tutorial, Tutorial Mikrotik

Thanks for reading 3 Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik 2020. Please share...!

0 Komentar untuk "3 Cara Buka Situs Yang Diblokir Mikrotik 2020"

Back To Top