-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

KABEL SERAT OPTIK, BAGAIMANA CARA KERJANYA?

 KABEL SERAT OPTIK, BAGAIMANA CARA KERJANYA?

      

Mengenai bagaimana bisa mendapatkan email atau informasi lain dari sudut mana saja di dunia dalam sekejap hal ini bisa terjadi oleh karena jaringan kabel yang diletakkan di bawah tanah dan di bawah laut kabel yang membawa sebagian besar data dunia ini adalah kabel serat (optic cable).  Kabel serat optik terdiri dari ribuan helai strap dan untai serat tunggal setipis rambut manusia. Serat optik membawa informasi dalam bentuk cahaya, kecepatan cahaya berubah ketika melewati media dan perubahan kecepatan ini dinyatakan oleh indeks bias variasi dalam kecepatan. Cahaya ini mengarah fenomena menarik lainnya yaitu pembiasan.

contoh pembiasannya adalah cahaya melewati sebuah Prisma terlihat pada antarmuka, cahaya bengkok bukan lurus fenomena ini dikenal sebagai refraksi. Pembiasan terjadi ketika cahaya melewati media dengan satu indeks bias ke-1 indeks bias lainnya, cahaya berbelok ke arah antarmuka saat beralih dari media indeks bias tinggi ke-1 indeks bias rendah.

Sekarang kita bisa membuat contoh ini sebagai hipotesis kita bisa meningkatkan indeks bias gelas secara real-time dengan menggunakan dopan. Ketika kita meningkatkan indeks bias cahaya akan semakin banyak berbelok menuju permukaan. Kita bisa melihat cahaya akan melewati permukaan kaca, jika kita meningkatkan indeks bias lebih jauh cahaya akan tiba-tiba kembali ke media pertama sebagai refleksi murni, ini disebut pemantulan internal total. Pemantulan internal total terjadi antara kaca indeks bias tinggi dan indeks udara bias rendah namun serat optik membutuhkan lapisan pelindung, lapisan pelindung tidak memungkinkan dalam konfigurasi ini, karena pengenalan bahan pelindung akan menggantikan posisi udara dan menghentikan fenomena pemantulan internal total. Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperkenalkan kaca indeks bias terendah di atas kaca inti yang dikenal sebagai cladding dengan cara ini pemantulan internal total akan terjadi dan kita akan dapat menggunakan lapisan pelindung baik inti dan cladding menggunakan selinder sebagai bahan dasarnya. Serat optik tidak akan mampu membawa sinyal lebih dari 100 KM karena berbagai lesapan yang terjadi pada kabel. Hilangnya kekuatan sinyal ini umumnya disebut Pelemahan penyerapan dan hamburan. Adanya penguat pada kabel setelah jarak tertentu penguat Ini meningkatkan kekuatan sinyal dan memungkinkan sinyal untuk dikirimkan dalam jarak jauh, daya yang diperlukan untuk penguat ini diambil dari sumber terdekat.  

Bagaimana serat optik mengirimkan Informasi seperti panggilan telepon atau sinyal internet?

Informasi apapun dapat direpresentasikan dalam bentuk 0 dan 1 bayangkan kita ingin mengirim pesan teks “Halo” melalui ponsel.  Pertama kata ini akan dikonversi menjadi kode biner setara n sebagai urutan nol dan satu setelah konversi ponsel akan mentransmisikan 0 dan 1 ini dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Jika gelombang elektromagnetiknya berfrekuensi tinggi sekarang gelombang cahaya ini dapat dengan mudah ditransmisikan melalui kabel serat optik. Gelombang cahaya yang membawa informasi harus melalui jaringan kabel yang rumit untuk mencapai tujuannya, untuk tujuan ini seluruh dunia ditutupi dengan kabel serat optic cable yang diletakkan di bawah tanah dan di bawah laut terutama penyedia layanan seluler yang memelihara kabel di bawah tanah ini AT &  T, orange dan Verizon adalah beberapa pemain Global yang memiliki dan memelihara jaringan kabel bawah laut.  Hanya sebagian kecil kabel yang digunakan untuk melindungi serat optik bagian kabel yang tersisa adalah struktur mekanis untuk perlindungan dan kekuatan.

Dari mana penguat mendapatkan dayanya di bawah lautan yang dalam ini? 

Selubung tembaga tipis digunakan di dalam kabel yang membawa daya listrik di sepanjang kabel sehingga dapat memberikan daya pada penguat seluruhnya. Jika kabel serat optik tidak mencapai bagian dunia tertentu maka bagian dunia tersebut akan terisolasi dari internet atau komunikasi seluler. Jika kita membandingkan kabel serat optik dengan kabel tembaga tradisional, kabel serat optik memberikan bandwidth yang lebih besar dan mengirimkan data pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada kabel tembaga karena kecepatan cahaya selalu lebih besar daripada kecepatan elektron aliran elektron. Serat optik pertama kali digunakan dalam endoskopi bahkan sebelum digunakan dalam bidang telekomunikasi dalam telekomunikasi gelombang digital yang ditransfer melalui kabel serat optik namun pada kabel endoskopi sinyal visual dalam bentuk analog ditransmisikan ke ujung lainnya. 

Sumber : 
https://www.youtube.com/watch?v=tHEuiduezRk



 


Labels: jaringan

Thanks for reading KABEL SERAT OPTIK, BAGAIMANA CARA KERJANYA?. Please share...!

0 Komentar untuk "KABEL SERAT OPTIK, BAGAIMANA CARA KERJANYA?"

Back To Top