-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

PERBEDAAN ANTARA BERBAGAI JENIS KABEL LAN, KHUSUSNYA KABEL RJ45, MULAI DARI CAT 5 HINGGA CAT 8.

 


PERBEDAAN ANTARA BERBAGAI JENIS KABEL LAN, KHUSUSNYA KABEL RJ45, MULAI DARI CAT 5 HINGGA CAT 8.


 

KABEL RJ45 TERDIRI DARI EMPAT PASANG KABEL, yaitu kabel orange putih, orange, hijau putih hijau, biru putih biru, dan coklat putih coklat.

 

PERBEDAAN UTAMA ANTARA KABEL CAT 5, CAT 5E, CAT 6, CAT 6A, CAT 7, DAN CAT 8.

 

KABEL CAT 5 diakui sebagai pilihan paling terjangkau di pasar dan mendukung Fast Ethernet dengan kecepatan 10 hingga 100 Mbps. Sementara itu, KABEL CAT 5E merupakan peningkatan dari Cat 5 dengan standar yang lebih baik dan mendukung kecepatan hingga 1 Gbps.

KABEL CAT 6 memperkenalkan improvisasi dengan menggunakan separator kabel PVC dan memungkinkan kecepatan hingga 10 Gbps pada jarak kurang dari 55 meter. Pembandingannya dengan Cat 5e mencakup peningkatan dalam putaran spiral kabel per cm.

 

 CAT 6A atau Augmented Cat 6 hadir dengan lapisan pelindung yang lebih tebal untuk mengurangi interferensi dan dapat menangani bandwidth hingga 10 Gbps pada 100 meter.

 

CAT 7 dijelaskan sebagai versi upgrade dari Cat 6, dengan shielding aluminium di setiap pasang kabel dan peningkatan perlindungan sliding. Meskipun memiliki performa yang identik dengan Cat 6a, Cat 7 dianggap sebagai opsi yang lebih murah.

 

CAT 8 merupakan kabel terbaru dengan kemampuan menangani bandwidth 25 Gbps hingga 40 Gbps dengan frekuensi 2000 MHz. Namun, panjang kabel Cat 8 dibatasi hingga 30 meter untuk menjaga kecepatan minimal 25 Gbps.

 

video tersebut merekomendasikan penggunaan kabel berdasarkan kebutuhan kecepatan internet, dengan Cat 6 dianggap sebagai pilihan yang baik untuk stabilitas data, dan Cat 8 cocok untuk kecepatan tinggi tetapi terbatas pada jarak tertentu.


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=s9gTfjHeViE&ab_channel=Barugan

Labels: jaringan

Thanks for reading PERBEDAAN ANTARA BERBAGAI JENIS KABEL LAN, KHUSUSNYA KABEL RJ45, MULAI DARI CAT 5 HINGGA CAT 8.. Please share...!

0 Komentar untuk "PERBEDAAN ANTARA BERBAGAI JENIS KABEL LAN, KHUSUSNYA KABEL RJ45, MULAI DARI CAT 5 HINGGA CAT 8."

Back To Top