-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

Pengertian makna TDP (Thermal Desaign Power) pada CPU (Microposesor)


    TDP yaitu Thermal Desain Power  ini yang paling banyak dipakai tapi sebagian kalangan komputer menyebut Thermal Desain Point itu artinya sama saja.jadi chip yang ada di tengah mikroprosesor disebut dengan nama GOR itu agar dia bisa bekerja dia butuh daya listrik tertentu agar dia bisa bekerja normal dimana setiap mikroprosesor atau setiap CPU itu membutuhkan daya yang berbeda-beda misalnya  Core i7 generasi pertama kebutuhan listriknya itu bisa berbeda dengan yang generasi kedua begitu pula dengan yang generasi ketiga dan seterusnya itu bisa berbeda-beda Bahkan dalam satu generasi. misalnya generasi Core i7 yang kedua sandi brid misalnya itu ada banyak prosesor di situ TDP-nya bisa berbeda-beda satu dengan lainnya.

   TDP Itu adalah sebuah nilai yang dibutuhkan agar processor bisa bekerja secara normal kalau dituliskan TDP 65 watt berarti chip microprosesor itu butuh 65 watt agar bisa bekerja secara normal apabila kurang maka tidak akan mampu bekerja.

Nilai TDP berbagi perangkat komputer.  

    Sebenarnya TDP ini tidak hanya ada pada mikroprosesor kartu grafis ada tdpnya,motherboard ada tdp-nya,hardisk ada TDP nya jadi masing-masing itu punya TDP yaitu yang menggambarkan kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh perangkat tersebut. bisa kita hitung dengan cas seperti tadi mikroprosesor TDP nya berapa nanti ketahuan motherboard PDP nya berapa nanti ketahuan dijumlahkan Kemudian untuk hardisk HDD nya berapa nanti semuanya dijumlahkan Akhirnya ketemu kebutuhan listrik untuk komputer tersebut.

Prangkat PC yang nilai TDP konsumsi listriknya tinggi

    perangkat manakah yang paling banyak membutuhkan daya yang paling bagus daya listrik yaitu ada dua yang pertama adalah CPU atau microprosesor itu paling rakus daya Jadi daya yang paling besar . kalau untuk komputer kelas gaming atau yang kelas tinggi untuk atau beban berat untuk kerja berat kartu grafis itu yang membutuhkan daya listrik tinggi jadi di sini ada dua perangkat yang mengkonsumsi listrik paling tinggi yaitu CPU atau mikroprosesor dan kartu grafis. penerapannya  jika merakit sebuah komputer perhitungkan TDP ini dari kumpulan ini atau CPU ini ditambah mikroprosesor ditambah memori utama ditambah dan seluruh komponen yang ada barulah kita bisa menentukan berapa kebutuhan power supply power supply ini , jadi kapasitas power supply itu ada yang 300 watt 350 watt 400 watt hingga ke 1000 watt atau lebih. jadi dari data ini tadi kumpulan dari TDP semua perangkat bisa diketahui power supply yang mana yang matching atau yang kompatibel dipasangkan di situ.Jadi ini penting untuk menentukan Berapa besar kapasitas power supply yang dibutuhkan untuk dalam satu perakitan .fungsi yang kedua jika Komputernya mengalami kerusakan prosesornya yang rusak diganti prosesor yang baru tapi prosesor yang baru memiliki TDP lebih tinggi kalau memiliki lebih tinggi power supply nya harus di cek kalau power supplynya kurang dayanya komputer akan restart sendiri.

    Jadi kalau upgrade derajatnya dinaikkan kelasnya dinaikkan kualitasnya dinaikkan jadi misalkan tadinya menggunakan prosesor Pentium dual core kemudian diubah ke kartu, Jadi kalau mau mengupgrade sebuah komputer prosesornya perhitungkan prosesor yang lama itu berapa tdp-nya Kalau bisa sesuaikan Cari yang sama supaya nanti tidak banyak mempengaruhi penggantian yang lain. kemudian fungsi yang lainnya lagi orang melakukan overclock. overclock ini menaikkan nilai frekuensi, misalnya ada satu mikroprosesor kecepatannya 3 GHz ini ditingkatkan misalnya menjadi  3,2 GHz jadi prosesornya tetap yang tidak di tahap itu tapi kita pacu menjadi 3,2 itu namanya overclock. frekuensi yaitu banyaknya sinyal listrik per detik yang diterima atau yang melewati kalau diterima itu berarti diterima prosesor tapi kalau yang melewati itu dibahas. prinsipnya banyaknya sinyal listrik yang lewat atau banyaknya per detik, kalau terjadi overclock otomatis diperhitungkan biasanya orang melakukan overclock jadi menaikkan frekuensi itu pasti diikuti oleh penaikan nanti ada yang namanya ketika itu dinaikkan otomatis. kalau TDP meningkat kemudian berikutnya lagi tadinya komputer itu tidak menggunakan eksternal jadi tidak menggunakan kartu grafis eksternal yang dipasang di slot tiba-tiba dia memasang Kartu grafis dimana kartu grafisnya ini yang konsumsi listriknya tinggi ada kartu grafis yang dia konsumsi listriknya di bawah 75. Misalnya hanya 30 watt kalau nancap di slotnya juga jalan tapi ada kartu grafis untuk gaming yang dia kebutuhan listriknya lebih dari 75 watt jika demikian dia dipasang di slot saja nggak akan bisa jalan normal makanya dia perlu daya langsung ngambil dari PSU jadi di kartu grafisnya itu ada konektor langsung untuk masuknya listrik dari PSU. akan berbeda lagi dengan kartu grafis yang membutuhkan daya hingga 150 watt itu sama tapi nanti konektornya berbeda jumlah pinnya itu berbeda kalau kita menaikkan kartu grafis dari yang 75 menjadi 150 perhitungan kapasitas PSU yang digunakan.  Setiap motherboard didesain untuk dipasangkan dengan jenis selain itu dengan batasan mikroprosesornya tidak boleh melebihi sekian buah itu jadi nggak asal tembak terutama di AMD itu bahaya sekali untuk yang komputer berbasis mikrop AMD perhitungan.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=6c9tu-H1ftg

Labels: Komputer

Thanks for reading Pengertian makna TDP (Thermal Desaign Power) pada CPU (Microposesor). Please share...!

0 Komentar untuk " Pengertian makna TDP (Thermal Desaign Power) pada CPU (Microposesor)"

Back To Top