-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

Domain Name Server atau DNS



Apa Itu DNS atau Domain Name Server?

DNS atau Domain Name server adalah sebuah sistem yang menghubungkan url atau alamat website dengan IP address secara teknis untuk mengakses internet kamu harus mengetikkan IP address alamat website. Tapi cara ini sangat merepotkan karena kamu harus memasukkan hati address ke setiap website yang ingin kamu kunjungi secara manual nah sistem kita dengan hanya mengingat nama domain dan memasukkannya ke address bar sebagai contoh kabelnya mengakses Google dan kamu harus menulis IP Addressnya ke dalam address bar, dengan DNS kamu tinggal memasukkan alamat google.com.

Fungsi DNS atau Domain Name Server

Fungsi DNS adalah untuk meminta informasi address sebuah website berdasarkan nama domain kemudian meminta informasi sebuah website berdasarkan IP Address yang dimasukkan.

Manfaat DNS Atau Domain Name Server

Manfaat kegunaan DNS yang pertama lebih mudah untuk berinternet lebih konsisten dalam penggunaan lebih mudah dikonfigurasi dan lebih aman.

Cara Kerja DNS atau Domain Name Server

DNS bekerja dalam beberapa langkah melalui sebuah struktur langkah pertama dimulai dengan query yaitu permintaan informasi tentang alamat IP sebuah website sebagai contoh kamu ingin membuka website google.com gunakan Web Browser dengan mengetikkan nama domain nya pertama server akan mencari informasi alamat IP file host yang berfungsi untuk mengarahkan hostels kalimat IP kemudian jika informasi yang dicari tidak ditemukan server atau mencari di cache pada web browser internet service provider atau ISP dan setelah itu browser akan menampilkan website yang kita buka.

Jenis DNS Record

Beberapa jenis-jenis chord yang paling sering dijumpai, yaitu:

1. A Record sebagai penerjemah dengan mengubah nama domain menjadi IP Address

2. AAA Record menyimpan informasi mengenai hostname dan berhubungan dengan IPv6 address

3. MX Record berfungsi untuk merekam server SMTP agar dapat melakukan pertukaran pesan melalui email dalam domain yang sama.

4. CNAME Record digunakan untuk mengalihkan sebuah domain pada IP address, dengan begitu tidak diperlukan untuk melakukan pembaruan DNS record.

5. NS Record merupakan subdomain pada authoritative server yang digunakan saat DNS subdomain berbeda dengan domain utama.

6. PTR Record, Melalui PTR record, DNS Resolver memiliki izin untuk menyediakan informasi seputar IP address dan diperbolehkan untuk hostname.

7. CERT record digunakan untuk menyimpan seluruh sertifikat keamanan aktivitas atau enkripsi dari berbagai situs web.

8. SRV Record berfungsi untuk menyimpan informasi seperti lokasi permintaan, nama, port, dan TTL.

9. TXT Record, Melalui TXT record, data kunjungan pada situs web dan seluruh aktivitas di internet dapat tersalurkan dan terbaca oleh komputer. 

10. SOA record adalah komponen yang muncul pada dokumen DNS serta mengacu pada authoritative name server yang memiliki informasi lengkap domain.

 Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=v0JZbhG9bQg

Labels: jaringan

Thanks for reading Domain Name Server atau DNS. Please share...!

0 Komentar untuk " Domain Name Server atau DNS"

Back To Top