-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

Fitur Teknologi Intel Turbo Boost

Fitur Teknologi Intel Turbo Boost pada CPU (prosesor) intel core i9, core i7, core i3

 


Beberapa fitur teknologi pada CPU (mikroprosesor), misalnya:

1. Enhanched Intel SpeedStep Technologi (EIST)

2. PowerNow!

3. LongRun

4. Cool&Quiet

Berfungsi untuk mengatur kebutuhan daya listrik CPU (mikroprosesor) untuk disesuaikan dengan bahan kerja dari CPU (mikroprosesor) itu sendiri.

Terdapat kaitan antara frekuensi, TDP (Thermal Design Power), dan panasnya yang dihasilkan oleh CPU itu sendiri, beserta efek-efeknya.

Teknologi Intel Turbo Boost berfungsi untuk melakukan overclock (meningkatkan frekuensinya) secara otomatis Ketika beban kerjanya berat, dan melakukan underclock (menurunkan frekuensinya) Ketika bebannya ringan.

Fitur teknologi Intel Turbo Boost terdapat pada mikroprosesor masa kini, seperti intel core i5, core i7, dan core i9, salah satu perbedaan mikroprosesor yang satu dengan lainnya, terletak pada kandungan fitur teknologinya, Quad core bermakna memiliki 4 buah core, core prosesor sering diibaratkan sebagai “otak” computer. Saat computer mendapat beban kerja (load) ringan, hanya satu buah core saja yang bekerja Ketika beban kerja bertambah, maka frekuensi satu buah core tadi akan ditingkatkan, bahkan di-overclock melebihi frekuensi normalnya. Ketika beban kerja bertambah lagi, maka 4 core tadi di-overclock, frekuensi ditingkatkan di atas nilai standartnya. Bila beban kerja menurun, frekuensi semua core diturunkan. Jika beban kerja menurun lagi, maka Kembali hanya satu buah core yang akan digunakan Ketika seluruh core bekerja dan panas mikroprosesor melebihi batas yang ditoleransi, frekuensi mikroprosesor otomatis diturunkan, sehingga panas mikroprosesor menjadi berkurang tidak terlalu tinggi. Fitur teknologi Intel Turbo Boost bekerja sama dengan fitur teknologi Intel SpeedStep (EIST) intel turbo boost berfungsi meng-overclock dan mengubah kerja dari satu core menjadi 4 core, sedangkan Intel SpeedStep berfungsi meng-underclock mikroprosesor, Teknologi Hyper Threading berfungsi menggandakan core yang ada. 4 core digandakan menjadi 8 core (4 core asli + 4 core virtual) 


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=q6Kigl4c51w

Labels: Komputer

Thanks for reading Fitur Teknologi Intel Turbo Boost. Please share...!

0 Komentar untuk " Fitur Teknologi Intel Turbo Boost"

Back To Top