-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

Pengertian IP Address dan Jenis-jenisnya


 

Pengertian IP Address

    Apa itu IP address? Apakah kamu tahu jika semua perangkat yang kamu gunakan seperti laptop, computer, atau smartphone. Sebenarnya memiliki IP address, terus apa itu IP address? IP adalah singkatan dari internet Protocol jadi IP address merupakan alamat IP yang mengidentifikasi segala perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Ibarat menuliskan alamat rumah lengkap dengan nomornya untuk menerima paket dari commerce, kira-kira seperti itulah fungsi alamat IP. IP address seperti rumah-rumah yang berfungsi untuk memastikan bahwa paket dikirim ke rumah yang tepat.

 

Cara Kerja IP Address

    Pertama komputer terhubung ke router yang di sediakan oleh penyedia layanan internet atau ISP. Kemudian router akan berkomunikasi dengan server untuk pengaksespal yang perlu dikirim ke komputermu. Komputer, router, dan server memiliki IP address tertentu, yang bisa dikenali satu sama lain. Dengan alamat inilah masing-masing perangkat bisa berkomunikasi, mengambil data, saling mengirim, dan menerima.

 

Versi IP Address

    IP address dibagi menjadi dua versi yaitu IPv4 dan IPv6. IPv4 atau internet Protocol version 4 adalah alamat IP yang paling sering digunakan, dengan panjang 32-bit empat dan bagian atau oktet yang dipisahkan oleh titik. Hingga setiap oktet berkisar dari 0-255. Saat ini ada sekitar 4,3 milyar alamat IPv4 yang berbeda di seluruh dunia.

Berikut ini contoh dari IPv4:

 - 169.89.131.246

 - 192.0. 2.146

 - 01.102.103.104

    IPv6 adalah versi IP address yang lebih baru dari IPv4 keberadaan, IPv6 dimaksudkan untuk menggantikan IPv4. karena variasi aplikasi empat saat ini mulai terbatas. Kalau IPv4 memiliki panjang 32-bit IPv6 ini memiliki panjang mencapai 128-bit.

Berikut ini contoh dari IPv6:

- 2001:3FFE:9D38:FE75:A95A:1C48:50DF:6AB8

- 2001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334

- 2001:db8:3333:4444:CCCC:DDDD:EEEE:FFFF

 

1. IP Private

      IP Private adalah jenis IP address yang digunakan untuk berkomukasi dalam jaringan local. Misalnya melalui Bluetooth atau lan, perangkat seperti laptop, smartphone, atau komputer yang memiliki bluetooth inilah yang bisa dibilang IP private karena hanya terhubung ke jaringan local.

2. IP Public

      IP Publik adalah jenis address yang digunakan untuk berkomunikasi di luar jaringan lokal dan terhubung ke internet. IP address publik tidak gratis karena dikontrol oleh penyedia layanan internet atau ISP.

3. IP Dinamis

      IP Dinamis adalah IP yang sifatnya berubah-ubah. Alamat ini biasanya digunakan karena alasan keamanan, karena sifatnya yang berubah-ubah IP address ini dimaksudkan untuk mempersulit para hacker untuk mengakses ke jaringan.

4. IP Statis

      IP Statis adalah kebalikan dari jenis IP Dinamis dengan rangkaian angka yang tetap dan tidak berganti ganti. Jenis protokol ini akan tetap sama kecuali ada perubahan pada administrasi jaringan.

 

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Wz4GVpb0Tns&ab_channel=HostingerIndonesia

Labels: jaringan

Thanks for reading Pengertian IP Address dan Jenis-jenisnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian IP Address dan Jenis-jenisnya"

Back To Top