-->

Di Blog belajar jaringan ini, saya ingin berbagi pengalaman mengenai berbagai hal dalam World Of Networking.


"Berbagi ilmu itu sama dengan menuliskan namamu dalam sejarah panjang dunia"
"Umurmu mungkin punya batasan waktu, tapi tidak dengan Namamu"
Jay.28

PEMAHAMAN ISTILAH CLOCK MULTIPLIER, BCLK (BASE CLOCK)

PEMAHAMAN ISTILAH CLOCK MULTIPLIER, BCLK (BASE CLOCK), DAN PENGARUHNYA PADA KOMPUTER


Pengertian dan Fungsi Clock Multiplier

     Multiplier berasal dari kata Multiply yang bermakna menggandakan, memperbanyak atau mengalikan, jadi Multiplier berarti pengganda. Multiplier sering juga disebut dengan clock ratio.

Pada motherboad ada microprocessor/cpu, lalu ada listrik yang masuk ke cpu yang berasal dari motherboard, misalkan frekuensi listriknya 100MHz, kemudian masuk ke dalam core (inti prosesor), anehnya di dalam core itu ada yang disebut ALU (Arithmetic and Logical Unit) dan FPU (Floating Point Unit) dengan kecepatan kerjanya misalnya 3 GHz.

Sebuah prosesor frekuensi nya 3 GHz, sedangkan motherboard hanya men suplay 100 MHz, bagaimana kok bisa dari motherboard cuma 100 MHz ke prosesor nya bisa 3 GHz? Ternyata di dalam core mikroprosesor itu terdapat sirkuit pengganda frekunsi, yang awalnya 100 MHz di gandakan menjadi 3 GHz (3000 MHz), berarti dari 100 MHz ke 3000 MHz di gandakan 30x, jadi mesin pengganda ini menggandakan frekuensi yang berasal dari motherboard 30x lipat lebih tinggi sehingga core tadi frekuensi nya menjadi 3000 MHz.  

Mesin pengganda inilah yang disebut Multiplier, sirkuit pengganda frekunsi di dalam core mikroprosesor disebut PLL (Phase Lock Loop).


Nilai Clock Multiplier Mikroprosesor berbeda-beda

Setiap mirkoprosesor nilai clock multiplier nya berbeda-beda, ada yang kecepatannya 3 GHz, ada yang 3,1 GHz dan seterusnya, padahal nanti frekuensi yang berasal dari motherboard itu sama, semuanya 100 MHz. Perbedaannya adalah terletak di multipliernya, kalua 3 GHz multipliernya 30, kalua 3,1 jadi multipliernya 31. 


Pemahaman istilah BCLK = Base Clock (Clock dasar)

      Frekuensi yang berasal (disuplai) dari motherboard dikenal dengan nama Clock Dasar, berasal dari bahasa Inggris Base Clock yang di singkat BCLK.

BCLK itu ada di BIOS, jika di BIOS anda mau melakukan over clock cari menu BCLK nya di sinilah yang akan kita naikkan. Jika angka BCLK di BIOS di ubah-ubah itu berbahaya, contoh 100 MHz tiba-tiba berubah jadi 150 MHz, padahal multiplier nya 30, yang seharusnya jadi 3000 MHz akan menjadi 4500 MHz, kalau sampai terjadi seperti ini komputernya akan mati mendadak dan akan rusak.

 

Variasi nilai BCLK (Base Clock) 

Apakah Clock Dasar itu pasti 100 MHz? TIDAKKK

Besarnya nilai Clock Dasar (BCLK) pada setiap komputer bervariasi atau berbeda-beda. Sekarang yang masih ada dan yang masih digunakan adalah 100 MHz, 133 MHz, 166 MHz, 200 MHz, 233 MHz, 266 MHz, yang terbanyak di gunakan adalah 133 MHz dan 200 MHz.

Jika anda ingin melakukan Overclock, Overclock dapat dilakukan dengan cara mengubah (meningkatkan) nilai BCLK-nya



  Pemahaman Locked Multiplier dan Unlocked Multiplier 

Multiplier ada yang sifatnya tetap dan ada yang sifatnya bisa di ubah.

Contoh:

Misalkan sebuah prosesor mempunyai frekuensi 3 GHz, Multipliernya 15x, bisakah anda menduga berapa BCLK-nya?

BCLK-nya 200 MHz, bagaimana bisa begitu?

Dengan cara frekuensi 3 GHz nya di bagi 15, jadi 3000 MHz di bagi 15 maka hasilnya 200 MHz

Nilai Clock Multiplier ada yang di desain tidak bisa diubah, sifatnya tetap, disebut Locked Multiplier (Multiplier yang di kunci), ada pula nilai Clock Multiplier nya didesain bisa diubah, disebut Unlocked Multiplier (Multiplier tidak dikunci).

Pengubahan nilai Clock Multiplier dapat dilakukan melalui BIOS atau menggunakan program aplikasi.

 

 Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=34COt2Iollo

 

Labels: Komputer

Thanks for reading PEMAHAMAN ISTILAH CLOCK MULTIPLIER, BCLK (BASE CLOCK). Please share...!

0 Komentar untuk "PEMAHAMAN ISTILAH CLOCK MULTIPLIER, BCLK (BASE CLOCK)"

Back To Top